Search

Jokowi Tolak Bikin Perppu, KPK Kembali Minta Ruang Dialog - detikNews

Jakarta - Presiden Jokowi sudah menutup pintu terkait UU KPK dengan menolak menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu). KPK pun mencoba kembali mengetuk pintu hati Jokowi.

"Kami harap pemerintah jangan gegabah menyikapinya. Kalau bisa dibuka ruang dialog agar kami bisa jelaskan pasal mana yang berpotensi melemahkan," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019).

Syarif kembali menyinggung soal belum adanya berkas UU KPK baru itu di tangan KPK saat ini. Namun Syarif mengaku tahu sedikit isi dari UU KPK baru itu dari media. Dari apa yang dibacanya, Syarif melihat potensi pelemahan KPK dalam beberapa poin seperti yang sudah beredar.
"Contoh di UU baru pimpinan KPK bukan penyidik dan penuntut lagi. Jadi siapa yang akan arahkan penyidikan dan penuntutan di KPK?" kata Syarif menggugat.

Selain itu, persoalan tentang Dewan Pengawas (Dewas) KPK yang, menurut Syarif, tidak jelas juga statusnya sebagai penegak hukum. Hal ini, disebut Syarif, akan membuat banyak kejanggalan bagi KPK dalam pelaksanaan tugas pemberantasan korupsi ke depan.

"Kami tak alergi, tapi model pengawasannya yang harus diatur. Sekarang ini Dewas seperti berkuasa penuh, lalu yang awasi Dewas siapa? Apalagi Dewas yang dipilih presiden," ucap Syarif.

Sebelumnya Jokowi menyampaikan penolakannya menerbitkan perppu setelah revisi UU KPK disetujui DPR pada Senin (23/9). Permintaan perppu itu sebelumnya disampaikan oleh Ketua BEM UI Manik Marganamahendra saat jumpa pers di Tugu Reformasi Trisakti pada hari yang sama.

"Nggak ada," kata Jokowi menjawab pertanyaan soal kemungkinan menerbitkan perppu mencabut UU KPK.

Simak juga video "Setuju Revisi UU KPK tapi Tunda RUU KUHP, Apa Alasan Jokowi?":

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/tor)

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
September 24, 2019 at 07:02PM
https://ift.tt/2mUKKcR

Jokowi Tolak Bikin Perppu, KPK Kembali Minta Ruang Dialog - detikNews
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jokowi Tolak Bikin Perppu, KPK Kembali Minta Ruang Dialog - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.