Search

Pekerja PLTU Celukan Bawang Asal Tiongkok Dipastikan Tak Kembali - Jawa Pos

SINGARAJA, BALI EXPRESS - Puluhan tenaga kerja asing asal Tiongkok yang bekerja di PLTU Celukan Bawang dipastikan tidak kembali lagi ke perusahaan pembangkit listrik di Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak. Hal itu dampak merebaknya virus Korona di negara mereka.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Buleleng, Ni Made Dwi Priyanti Putri Koriawan menjelaskan, sedikitnya ada 25 pekerja asal Tiongkok (China, red) yang dipastikan tidak kembali ke Celukan Bawang. Pasalnya, sebelum adanya penyebaran virus Korona, mereka sempat balik ke negaranya untuk merayakan libur Imlek.

Selain itu, dengan merebak kekhawatiran terjangkit virus Korona, Pemprov Bali telah mengeluarkan surat pernyataan penundaan sementara penerbangan dari dan ke Tiongkok sejak 5 Februari 2020 hingga batas waktu yang masih belum ditentukan. “Total ada 25 pekerja PLTU Celukan Bawang pulang ke China untuk libur Imlek. Sudah dikonfirmasi, mereka tidak akan kembali lagi ke sini,” ungkap Dwi Priyanti, Selasa (4/4) siang.

Dari total 25 pekerja asal Tiongkok itu, tercatat ada sebanyak 20 orang merupakan pekerja teknisi dari CHDOC pada PLTU Celukan Bawang. Sisanya sebanyak lima orang di bawah PT. General Energy Bali (GEB). “Saya minta kepastian kepada pihak PLTU Celukan Bawang tentang 25 pekerja yang pulang libur. Dan pihak mereka memastikan tidak kembali,” ujar Dwi Priyanti.

Namun, pihaknya mengaku, akan tetap melakukan koordinasi dengan pihak PLTU Celukan Bawang, agar semua persoalan yang berkaitan dengan tenaga kerja asing asal Tiongkok berjalan sesuai koridor yang ditentukan. “Kami juga akan secepatnya berkordinasi ke PLTU,” pungkas Dwi Priyanti.

Seperti diketahui, jumlah tenaga kerja asing asal Tiongkok yang bekerja di PLTU Celukan Bawang sebagai teknisi dan operasional di bawah kendali CHDOC sebanyak 147 orang. Untuk di PT. GEB sebanyak 11 orang. Sedangkan, tenaga kerja lokal ada 252 orang.

(bx/dik/man/JPR)

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
February 04, 2020 at 11:40PM
https://ift.tt/3b8OyvL

Pekerja PLTU Celukan Bawang Asal Tiongkok Dipastikan Tak Kembali - Jawa Pos
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pekerja PLTU Celukan Bawang Asal Tiongkok Dipastikan Tak Kembali - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.