Search

Achmad Yurianto: 2 WNI ABK Diamond Princess yang Kembali ke Indonesia Tetap Akan Diobservasi - BeritaSatu

Jakarta, Beritasatu.com - Juru bicara Penanganan Corona sekaligus Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengatakan dua dari empat warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) kapal pesiar Diamond Princess yang telah dinyatakan sembuh oleh otorita Jepang, tetap harus menjalankan masa observasi 14 hari ketika pulang ke Indonesia.

Meski kedua WNI ABK kapal pesiar Diamond Princess tersebut sudah mengantongi sertifikat sembuh dari otorita Jepang, pihaknya tetap harus menjalankan observasi kepada mereka.

“Tidak usah diperiksa ulang, diobservasi. Ya iyalah, tetap diobservasi,” kata Achmad Yurianto di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Ia sendiri belum mendengar informasi tentang kepulangan kedua WNI ABK Diamond Princess ke Tanah Air. Namun yang pasti, kepulangan mereka akan ditangani oleh perusahaan tempat mereka bekerja.

“Karena yang memutuskan pulang atau tidaknya kan otoritas Jepang. Bukan kami. Kan dia dirawat di RS di Jepang. Kalau dia sudah dua kali pemeriksaan negatif, pasti diizinkan pulang. (Biaya pulang) yang mengongkosi kan perusahaannya, dari kapalnya itu,” jelas Achmad Yurianto.

Sementara itu, Achmad Yurianto mengungkapkan kondisi pasien terpapar virus corona kasus 1 dan kasus 2 yang dirawat di RS Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, sudah dalam kondisi fisik yang baik. “Tadi saya ke sana (RSPI). Sudah tidak apa-apa. Sudah tidak panas,” ungkapnya.

Terkait ada empat suspect terpapar virus corona yang dirawat di RS Persahabatan, ia mengaku belum menerima laporannya. Sebab, pemerintah tetap menunjuk RSPI Sulianti Saroso sebagai rumah sakit penanganan pasien positif terpapar virus corona.

“Yang pasti (RSPI) Sulianti Saroso masih ada kapasitas, masih muat kok. Bukan tidak perlu ke RS lain. Makanya kenapa di (RS) Persahabatan. Meskipun RS Persahabatan tetap bisa dipakai, disiapkan juga (sebagai RS penanganan pasien terpapar virus corona),” papar Achmad Yurianto.

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
March 04, 2020 at 10:12PM
https://ift.tt/3atCtQM

Achmad Yurianto: 2 WNI ABK Diamond Princess yang Kembali ke Indonesia Tetap Akan Diobservasi - BeritaSatu
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Achmad Yurianto: 2 WNI ABK Diamond Princess yang Kembali ke Indonesia Tetap Akan Diobservasi - BeritaSatu"

Post a Comment

Powered by Blogger.