Search

Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 2.000 Meter - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Gunung Merapi kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom asap mencapai 2.000 meter pada Sabtu (28/3) pagi. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyebutkan seismogram mencatat erupsi Merapi terjadi sekitar pukul 05.21 WIB dengan durasi 180 detik dan amplitudo 50 mm.

"Teramati kolom erupsi setinggi 2.000 meter di atas puncak," kata BPPTKG melalui akun Twitternya.

BPPTKG mengatakan hembusan angin mengarah ke barat saat letusan terjadi. Letusan ini merupakan yang ketiga kalinya sejak kemarin. Pada Jumat (27/3) pagi, Merapi juga mengalami erupsi dengan tinggi kolom asap mencapai kurang lebih 5.000 meter dari puncak.


Erupsi pertama terjadi pada pukul 10.46 WIB dan disusul erupsi berikutnya pada pukul 21.46 WIB dengan tinggi kolom 1.000 meter. Merapi juga sempat erupsi sekitar tiga minggu lalu tepatnya pada Selasa (3/3) dengan tinggi kolom abu mencapai 6.000 meter. Hingga saat ini, BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada. 

Lembaga di bawah Kementerian ESDM itu juga tidak merekomendasikan kegiatan pendakian gunung untuk saat ini, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

BPPTKG juga mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Merapi.

[Gambas:Video CNN]

(rds/age)

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
March 28, 2020 at 08:43AM
https://ift.tt/3akOVTb

Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 2.000 Meter - CNN Indonesia
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 2.000 Meter - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.