Search

Cegah Covid-19 Meluas, Wapres Kembali Ingatkan Masyarakat agar Tak Mudik - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin kembali mengimbau masyarakat untuk tidak mudik ke kampung halaman baik saat ini maupun lebaran nanti.

Meski pemerintah belum memutuskan, tetapi menurutnya masyarakat harus menahan agar tak pulang terlebih dahulu.

Hal tersebut diperlukan untuk mencegah kemungkinan tersebarnya virus corona di daerah yang masih bersih atau agar sebarannya tak lebih luas lagi.

"Saya pribadi sebaiknya memang masyarakat tidak mudik. Mudik itu yang penting bagaimana silaturahmi, tetapi ada bahaya yang mungkin terjadi baik di jalan maupun di kerumunan-kerumunan ketika berada di kampung halaman dan ada risiko penularan Covid-19," ujar Ma'ruf saat wawancara melalui video conference dengan wartawan, Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Wapres Minta Kepala Daerah Telusuri Warganya yang Mudik di Tengah Wabah Corona

Pada era saat ini, kata dia, silaturahmi dilakukan bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan memanfaatkan komunikasi lewat teknologi.

Apalagi, kata dia, agama juga mengajarkan apabila ada maslahat yang bisa didapatkan tetapi ada bahaya, maka prinsip yang harus digunakan adalah menolak bahaya itu terlebih dahulu.

"Apalagi kalau manfaat silaturahmi, bisa dilakukan pada waktu yang lain, pada liburan yang lain. Oleh karena itu pertimbangan rasionalnya, logisnya sebaiknya memang tidak mudik, melihat bahayanya yang sangat mungkin terjadi," kata Ma'ruf.

Baca juga: Bupati Mengaku Tak Bisa Larang Perantau Jabodetabek Mudik ke Wonogiri

Sedianya, kata dia, hari ini kebijakan soal mudik tersebut dibahas dalam sidang rapat kabinet terbatas.

Namun dikarenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang berduka cita atas wafatnya sang ibunda, maka rapat tersebut ditunda.

"Tapi putusannya akan ditetaokan apakah pemerintah akan melarang, imbauan dan itu akan kita tentutkan nanti dalam rapat terbatas kabinet yang akan datang," kata dia.

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
March 26, 2020 at 02:19PM
https://ift.tt/39dzXwY

Cegah Covid-19 Meluas, Wapres Kembali Ingatkan Masyarakat agar Tak Mudik - Kompas.com - KOMPAS.com
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Covid-19 Meluas, Wapres Kembali Ingatkan Masyarakat agar Tak Mudik - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.