Search

Bandara Solo Kembali Dibuka, Landasan Dipastikan Aman - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara Adi Soemarmo di Solo kembali beroperasi pukul 15.39 WIB, Selasa (3/3). Bandara tersebut sempat ditutup selama beberapa jam akibat abu vulkanik Gunung Merapi yang menyebar di sejumlah wilayah di sekitar Yogyakarta.

Humas Angkasa Pura I (AP I) Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi bandara kembali dibuka setelah lintasan penerbangan dibersihkan dari material abu vulkanik.

"Awalnya kami mau buka kembali pukul 14.30 tetapi karena untuk memastikan semua aman, kami buka kembali pukul 15.39," katanya.


Akibat penutupan ini, sejumlah maskapai dengan rute dari dan menuju Bandara Adi Soemarmo gagal terbang. Di antaranya penerbangan dari Lion Air dengan nomor JT-537 dengan rute Solo - Cengkareng, Wings Air dengan nomor IW-1904 dengan rute Bandung - Solo, AirAsia dengan nomor QZ8454 dengan rute Denpasar - Solo, serta Garuda Indonesia dengan nomor GA222 dengan rute Cengkareng - Solo. Selain itu, ada satu penerbangan Lion Air bernomor JT-118 yang tetap berangkat setelah bandara kembali beroperasi. "Ini penerbangan untuk menjemput jamaah umrah ke Jeddah. Mereka berangkat setelah cuaca membaik," katanya.

Sebagai informasi, Gunung Merapi erupsi sekitar pukul 05.22 WIB. Akibatnya, sejumlah wilayah di Boyolali, Solo, Sukoharjo, dan Karanganyar mengalami hujan abu vulkanik. Di kawasan Boyolali, hujan abu terjadi di sebagian besar wilayah termasuk Kecamatan Ngemplak yang merupakan lokasi Bandara Adi Soemarmo.

Setelah melakukan tes pada landasan, AP I menutup Bandara Adi Soemarmo sejak pukul 09.10 WIB. Awalnya, penutupan dijadwalkan berlangsung satu jam hingga pukul 10.10 WIB.

Penutupan diperpanjang hingga 14.30 WIB mengingat kondisi runway yang masih tertutup material vulkanik. Penutupan kembali diperpanjang hingga pukul 15.39 WIB.

[Gambas:Video CNN]

(syd/sfr)

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
March 03, 2020 at 08:29PM
https://ift.tt/2TkTd6M

Bandara Solo Kembali Dibuka, Landasan Dipastikan Aman - CNN Indonesia
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bandara Solo Kembali Dibuka, Landasan Dipastikan Aman - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.