Search

Corona, Pekerja Informal Akan Diarahkan Kembali ke Desa - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan masyarakat yang kehilangan pekerjaan di kota-kota besar akibat dampak ekonomi dari wabah virus Corona akan diarahkan kembali ke desa.

“Ada pertimbangan sejumlah warga kita yang kehilangan pekerjaan di kota besar, tinggal di bedeng-bedeng, secara kesehatan kurang begitu bagus untuk dikembalikan ke kampung halaman,” kata Doni saat memberi keterangan terkini ihwal perkembangan percepatan penanganan Covid-19 di Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat Komisi IX DPR RI, Jakarta, Kamis, 2 April 2020.

Di desa, kata Doni, ada usulan agar kelompok masyarakat tersebut diberikan kegiatan baru berupa pertanian, perkebunan, dan budidaya perikanan di desa. Termasuk di dalamnya adalah kegiatan membangun infrastruktur terkait irigasi, jembatan dan yang lainnya untuk menunjang persediaan kebutuhan pangan di masa pendemik ini. 

“Sehingga ke depan ketika kota-kota kehilangan pasokan makanan maka desa-desa mengalami kelebihan pasokan,” tutur Doni. Dengan begitu, kekhawatiran mengenai kekurangan pangan akibat wabah virus Corona bisa diatasi dengan persediaan di desa nantinya.

Presiden Jokowi sebelumnya telah menambah alokasi belanja dan pembiayaan dalam APBN 2020 sebesar Rp 405,1 triliun untuk menangani Covid-19. Alokasi dana itu tercantum dalam Perpu Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan yang dikeluarkan berbarengan dengan Peraturan Pemerintah Pembatasan Sosial Berskala Besar. 

Dari angka itu, anggaran sebesar Rp 110 triliun diperuntukkan sebagai jaring pengaman sosial atau social safety net yang mencakup penambahan anggaran kartu sembako, kartu prakerja, dan subsidi listrik.

Jokowi memerintahkan seluruh jajarannya untuk mempercepat implementasi insentif untuk pekerja di sektor informal. Insentif itu berupa instrumen bantuan sosial, seperti kartu prakerja atau kartu sembako.

Insentif itu diberikan karena banyak pekerja informal di Jabodetabek terpaksa pulang kampung karena penghasilannya menurun. Selan itu para pekerja informal itu disebut berpotensi menularkan virus Corona ke desa asal mereka.

BISNIS

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
April 03, 2020 at 05:01AM
https://ift.tt/3dPF2iv

Corona, Pekerja Informal Akan Diarahkan Kembali ke Desa - Tempo
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Corona, Pekerja Informal Akan Diarahkan Kembali ke Desa - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.