Search

Bandel Bawa Penumpang, Bus AKAP Asal Jakarta Disuruh Kembali - CNN Indonesia

Cilegon, CNN Indonesia -- Sebab tetap nekat mengangkut penumpang di tengah larangan mudik dari pemerintah, bus-bus antar kota antar provinsi (AKAP) dengan tulisan rute jurusan Merak-Jakarta di kaca depan dan belakang disuruh putar balik ke daerah asalnya.

Bus-bus itu terkena penyekatan di check point Gerem bawah, Kota Cilegon, Banten, oleh Satlantas Polres Cilegon.

"Ada tiga bus, tulisan di kacanya jurusan Merak-Jakarta kita suruh kembali lagi ke Jakarta sebelum sampai ke Terminal Merak," kata Kasatlantas Polres Cilegon, AKP Ali Rahman, ditemui di pos check point, Minggu (26/4).


Saat dicegat polisi, awak bus-bus itu sempat berdalih berasal dari Kota Serang, namun berbeda dengan tulisan di kaca bagian depan dan belakang bus, yang tertera jurusan Merak-Jakarta. Alhasil, polisi berasumsi bus-bus itu mengangkut penumpang dari zona merah penularan Covid-19, DKI Jakarta, yang sedang melaksanakan Pemabatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Tindakan tegas tanpa kompromi pun dilakukan kepolisian untuk menyuruh bus itu putar balik.

"Tulisannya jelas di kaca, jurusan Merak-Jakarta, bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Kemungkinan besar bus itu kucing-kucingan sampai bisa lolos. Karena ada penjagaan atau check point dan bus tidak boleh beroperasi di Jakarta," kata Ali.

Berdasarkan data dari Satlantas Polres Cilegon, kendaraan pemudik yang disuruh putar balik menurun, pada Sabtu 25 April 2020 berjumlah 87 unit kendaraan sepeda motor, roda empat ataupun lebih. Kemudian pada Minggu, 26 April 2020, menjadi 31 kendaraan yang disuruh kembali ke daerah asal keberangkatan mereka.

Mereka disuruh putar balik atau kembali ke daerah keberangkatan, untuk mempersempit proses mobilisasi masyarakat antardaerah, terutama yang dari zona merah Covid-19.

"Hari ini jumlahnya semakin sedikit, kita harapkan masyarakat sudah semakin sadar dan mematuhi larangan pemerintah terkait larangan mudik tahun ini. Personil jaga 24 jam di check point. Jadi kita hanya menegur secara lisan, kita suruh putar balik, surat tilang tidak kita laksanakan," kata Ali.

(ynd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
April 27, 2020 at 03:19AM
https://ift.tt/2VFUWVJ

Bandel Bawa Penumpang, Bus AKAP Asal Jakarta Disuruh Kembali - CNN Indonesia
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bandel Bawa Penumpang, Bus AKAP Asal Jakarta Disuruh Kembali - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.