Search

Olimpiade 2020 Bisa Kembali Batal jika Pandemi Belum Usai - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Penyelenggaraan Olimpiade 2020 yang akan berlangsung pertengahan tahun 2021 bisa dibatalkan seandainya pandemi virus corona masih berlangsung.

Ketua Panitia Penyelenggara Olimpiade 2020, Yoshiro Mori, mengatakan pesta olahraga terbesar di dunia itu bisa saja urung dilaksanakan jika wabah COVID-19 belum berakhir hingga tengah tahun mendatang.


Olimpiade 2020 dijadwalkan bakal berlangsung 23 Juli hingga 8 Agustus tahun depan. Sebelumnya Olimpiade ke-32 itu direncanakan mulai 24 Juli sampai 9 Agustus tahun ini, namun ditunda lantaran pandemi virus corona.

Penyakit yang sudah mulai menyebar sejak Desember 2019 itu mengacaukan berbagai agenda olahraga internasional. Meski di beberapa negara ada kabar positif dengan penurunan jumlah penderita, tetap saja penyebaran virus belum dapat dihentikan.

"Tidak, [Olimpiade] itu akan dibatalkan. Olimpiade dibatalkan pada masa lalu karena masalah seperti perang. Kami berjuang melawan musuh yang tak terlihat sekarang," kata Mori menjawab pertanyaan mengenai kemungkinan penundaan Olimpiade untuk kali kedua.


Seperti dikutip dari CNN.com, jawaban Mori merupakan jawaban paling tegas mengenai pembatalan Olimpiade. Padahal sebelumnya panitia penyelenggara sempat berulang kali menyatakan bakal berupaya menyelenggarakan Olimpiade di tengah masa pandemi.

Belum ada tanggapan dari Tokyo 2020, Komite Olimpiade Internasional, dan Komite Paralimpik Internasional mengenai pernyataan Mori perihal pembatalan Olimpiade 2020.


Keputusan penyelenggaraan Olimpiade diundur pada Juli-Agustus tahun depan merupakan hasil pembicaraan Komite Olimpiade Internasional (IOC), Komite Paralimpiade Internasional (IPC), Tokyo 2020 Organising Committee, serta pemerintah Tokyo dan Jepang.

Ada tiga pertimbangan utama yang membuat para pengambil keputusan menetapkan tangal 23 Juli-8 Agustus, yakni untuk melindungi kesehatan atlet dan semua orang yang terlibat dari virus corona, melindungi kepentingan atlet dan olahraga Olimpiade, dan kalender olahraga internasional global. (nva/sry)

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
April 28, 2020 at 06:24PM
https://ift.tt/3aJOd1d

Olimpiade 2020 Bisa Kembali Batal jika Pandemi Belum Usai - CNN Indonesia
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Olimpiade 2020 Bisa Kembali Batal jika Pandemi Belum Usai - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.