Search

Donald Trump Kembali Ancam China, Ada Apa Ini? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden AS Donald Trump memberi peringatan kepada China bahwa Negeri Tirai Bambu ini dapat menghadapi konsekuensi jika "secara sadar bertanggung jawab" atas pandemi virus corona Covid-19.

"[Virus corona] Itu bisa saja dihentikan di China sebelum menyebar dan ternyata tidak [dilakukan] ," kata Donald Trump kepada wartawan di Gedung Putih, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (19/4/2020). "Dan sekarang seluruh dunia menderita karenanya."

Trump kemudian ditanya oleh wartawan apakah China akan menderita akibat pandemi yang dimulai di kota Wuhan di China pada Desember dan telah menewaskan lebih dari 157.000 orang di seluruh dunia ini.


"Tentu saja, jika mereka secara sadar bertanggung jawab," katanya. Jika itu adalah kesalahan, kesalahan adalah kesalahan. Tetapi jika mereka secara sadar bertanggung jawab, ya, maka harus ada konsekuensi," kata Trump.
"Apakah itu kesalahan yang lepas kendali atau itu dilakukan dengan sengaja?" Dia bertanya. "Itu perbedaan besar antara keduanya."

"Bagaimanapun mereka seharusnya membiarkan kita masuk," katanya. "Kami meminta masuk lebih awal. Dan mereka tidak ingin kami masuk. Kurasa mereka tahu itu sesuatu yang buruk dan mereka malu."

Trump mengungkap saat ini China sedang melakukan investigasi soal virus corona dan AS menunggu hasil tersebut dan melakukan investigasi sendiri untuk mencari penyebab virus ini.

Sebelumnya, Pemerintahan Trump mengatakan tidak menutup kemungkinan bahwa coronavirus yang baru itu menyebar - secara tidak sengaja - dari sebuah laboratorium yang meneliti kelelawar di Wuhan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, yang sebelumnya menuduh militer AS mungkin telah membawa virus corona ke China, telah menolak laporan media AS tentang masalah ini dan mengatakan "tidak memiliki dasar ilmiah."

Trump juga meragukan angka resmi korban virus corona Tiongkok yang menunjukkan negara itu hanya menderita 0,33 kematian per 100.000 orang.

"Jumlahnya tidak mungkin," katanya. "Itu angka yang mustahil."

Amerika Serikat, menurut data resmi, telah memiliki 11,24 kematian per 100.000 orang, sementara Perancis memiliki 27,92 kematian dan Spanyol 42,81 kematian.

[Gambas:Video CNBC]

  (roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
April 19, 2020 at 07:03AM
https://ift.tt/2xFnrcR

Donald Trump Kembali Ancam China, Ada Apa Ini? - CNBC Indonesia
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Donald Trump Kembali Ancam China, Ada Apa Ini? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.