Search

BERITA FOTO: Kilas Balik Kampung Akuarium, Digusur Ahok dan Kini Dibangun Kembali - Megapolitan Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun kembali Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, yang digusur pada 2016.

Penggusuran dan pembangunan kembali kampung itu dilakukan di era kepemimpinan gubernur yang berbeda.

Pemprov DKI menggusur Kampung Akuarium era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Lalu Pemprov DKI akan membangun kembali kampung itu pada era Gubernur Anies Baswedan.

Bagi warga, masih teringat jelas memori kelam penggusuran rumah mereka oleh alat berat tiga tahun silam. Ratusan kepala keluarga terpaksa angkat kaki. Ratusan lainnya memilih bertahan.

Mereka berdalih rumah yang digusur adalah rumah sah mereka. Sementara Ahok ketika itu menyebut tanah itu adalah milik Perumda Pasar Jaya.

Mereka yang bertahan mendirikan bangunan dari triplek di atas puing. Hidup bertahun-tahun dengan kondisi hunian tak layak, membuat sejumlah warga jatuh sakit hingga depresi.

Pada tahun 2018, Pemprov DKI mendirikan sebuah shelter bagi warga sebagai pengganti hunian triplek yang sangat tak layak.

Pemprov DKI juga membangun 16 pintu toilet untuk satu blok, 8 toilet untuk laki-laki, dan 8 toilet untuk perempuan.

Mari kilas balik kembali potret Kampung Akurium dari mulai digusur, munculnya hunian dadakan sebagai perlawanan warga, hingga pembangunan shelter.

Foto: Garry Andrew Lotulong, Kristianto Purnomo
Teks: Sabrina Asril

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
October 10, 2019 at 05:04AM
https://ift.tt/2nwy7Fz

BERITA FOTO: Kilas Balik Kampung Akuarium, Digusur Ahok dan Kini Dibangun Kembali - Megapolitan Kompas.com
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BERITA FOTO: Kilas Balik Kampung Akuarium, Digusur Ahok dan Kini Dibangun Kembali - Megapolitan Kompas.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.