Search

Wagub Sumbar Berharap Warganya yang Mengungsi Kembali ke Wamena - detikNews

Jakarta - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit memeriksa kondisi warganya yang mengungsi dari Wamena di Lanud Halim Perdanakusuma, Jaktim. Nasrul berharap setelah pemulihan, para pengungsi bisa kembali ke Wamena lagi.

"Jadi gini, untuk sementara untuk tenangkan pikiran mereka, jadi mereka ingin pulang dulu sementara karena di (Minang) sana juga punya aset gitu. Jadi karena permintaan mereka kemarin kami pulang dulu sementara maka itu yang kita bawa," kata Nasrul kepada wartawan di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (3/10/2019).

Nasrul membantah kabar seluruh warga asli Minang yang tinggal Wamena melakukan eksodus. Menurutnya para pengungsi hanya berkunjung sementara ke kampung halamannya.

"Mudah-mudahan ini masyarakat segera mereka sudah silaturahmi dengan orang kampungnya, segera kembali ke Wamena, kita ini kan NKRI, mari menjaga persahabatan, mereka lahir di sana dan penduduk asli Wamena hanya asalnya dari Sumbar aja, " ujar Nasrul.

Nasrul juga memastikan akan ada bantuan untuk para pengungsi Minang. Dia menyebut sebagian bantuan uang juga diberikan untuk modal dasar usaha para pengungsi di Wamena.

"Kita juga sedang hitung jumlah semua, nanti akan kita beri semacam santunan uang duka, dan termasuk juga agak besar modal awal agar bisa usaha kembali di sana," katanya.

Selain itu, Nasrul juga memastikan Gubernur Papua dan perangkat daerah di Papua juga sudah berkomitmen untuk memperbaiki rumah para pengungsi yang habis dibakar.

"Kerusakan juga akan segera diperbaiki, nah jadi sudah ada respon bagus ya, tim PUPR sudah di lapangan juga," sebut Nasrul.
(maa/fdn)

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
October 03, 2019 at 07:35PM
https://ift.tt/32YYH9j

Wagub Sumbar Berharap Warganya yang Mengungsi Kembali ke Wamena - detikNews
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wagub Sumbar Berharap Warganya yang Mengungsi Kembali ke Wamena - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.