Search

Kabareskrim: Dari 38.822 Napi Asimilasi yang Bebas, 27 Orang Kembali Berulah - detikNews

Jakarta -

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan 27 dari 38.822 narapidana yang keluar dari lembaga permasyarakatan (lapas) lewat program asimilasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) dalam rangka pencegahan penularan virus Corona (COVID-19) kembali melakukan tindak kejahatan. Jika dipersentasekan, kata Sigit, sebanyak 0,07 persen napi asimilasi tak bertobat.

"Dari jumlah data napi yang dibebaskan sebesar 38.822 napi, ada 27 napi yang kembali melakukan kejahatan, 0,07%," kata Sigit kepada detikcom, Selasa (21/4/2020).

Sigit menuturkan kejahatan yang dilakukan para napi asimilasi antara lain pencurian disertai pemberatan (curat), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian disertai kekerasan (curas), dan pelecehan seksual.

"Kejahatan yang mereka lakukan meliputi curat, curanmor, dan curas serta 1 (kasus) pelecehan seksual," ujar Sigit.

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono menjelaskan beberapa contoh kasus napi asimilasi yang kembali berulah. Argo menyebutkan antara lain terjadi di Surabaya (Jawa Timur), Semarang (Jawa Tengah), Kalimantan Timur (Kaltim), dan Bali.

"Di antaranya ada di Surabaya, melakukan penjambretan. Kemudian di Poltabes Semarang Jateng yang berkaitan dengan narkotika. Di Kaltim juga ada yang setelah keluar selama satu minggu, dia melakukan curanmor. Dan ada juga di Bali, yang dia setelah keluar dari lapas, dia mengedarkan narkoba jenis ganja lagi. Sudah dilakukan penanganan dan saat ini dalam proses penyelidikan oleh penyidik," jelas Argo dalam kesempatan terpisah.

Dari catatan detikcom, ada juga peristiwa perampokan di angkutan umum di Jakarta Utara (Jakut), yang dilakukan dua napi asimilasi, AR dan JN. AR ditembak mati karena menyerang petugas saat hendak ditangkap.

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
April 21, 2020 at 10:50AM
https://ift.tt/3cxYPRX

Kabareskrim: Dari 38.822 Napi Asimilasi yang Bebas, 27 Orang Kembali Berulah - detikNews
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kabareskrim: Dari 38.822 Napi Asimilasi yang Bebas, 27 Orang Kembali Berulah - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.