Search

Purwakarta Siap Kembali Gelar Festival Manggis - ayobandung.com

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Pangan dan Pertanian akan kembali mengulangi kesuksesan festival manggis.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Agus Rachlan Suherlan mengatakan, festival manggis akan digelar pada awal Maret 2020 di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Garokgek Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes.

"Di BPP kami memiliki perkebunan pohon manggis sekitar 5 hektare, mudah-mudahan pada pelaksanaannya nanti animo masyarakat cukup tinggi," ungkap dia, Selasa (28/1/2020).

Ia menjelaskan, kondisi manggis saat ini sudah mulai berbuah dan diprediksi dapat dipanen sekitar Maret atau awal Mei. Diharapkan pada Maret, Purwakarta berada dalam kondisi panen raya.

"Manggis itu kan buah unggulan Jawa Barat, yang harus kita pertahankan, salah satunya melalui festival ini," ujar Agus.

Agus belum bisa memastikan kondisi manggis saat ini, karena menurutnya ada dua sisi yang harus diperhatikan, misal pada musim kemarau pasokan air berkurang akan berdampak terhadap kualitas manggis, seperti munculnya getah kuning.

"Antisipasinya kita lakukan, dan sekarang kan masuk musim penghujan, jadi diharapkan buah manggis dalam kondisi baik," ujar dia.

Agus juga berharap hasil panen pada tahun ini ada peningkatan 10% dari 2019 yang berhasil ekpore 30.000 ton, apalagi saat ini packing house telah bertambah.

"Awalnya satu, sekarang sudah ada dua packing house di Purwakarta, itu akan menjadi penunjang peningkatan ekspor di samping hasil panen manggis meningkat," ucap dia.

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
January 29, 2020 at 08:42AM
https://ift.tt/3aPD7sP

Purwakarta Siap Kembali Gelar Festival Manggis - ayobandung.com
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Purwakarta Siap Kembali Gelar Festival Manggis - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.