Search

Yeay! Asing Kembali, Begini Proyeksi IHSG Pekan Depan - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menguat pada penghujung pekan hari ini Jumat (19/12/2019) dengan penguatan sebanyak 34 poin (0,55%ke level 6.284.

Gairah pasar saham hari ini terlihat meningkat dengan volume transaksi mencapai Rp 13,18 triliun, lebih tinggi dari transaksi Kamis kemarin yang hanya Rp 7,94 triliun. Dari nilai tersebut porsi investor asing mencapai 46% yang merupakan persentase terbesar dalam beberapa minggu ke belakang.

Secara total investor asing (foreign) kembali membukukan beli bersih (net buy) senilai Rp 671 miliar di pasar reguler, tetapi angkanya membengkak di semua pasar menjadi Rp 2,79 triliun, karena adanya transaksi di pasar negosiasi PT Smartfren Telecom Tbk/FREN dengan nilai Rp 2,47 triliun.


Pada pekan ini, asing membukukan net buy Rp 2,4 triliun di pasar reguler, sedangkan di semua pasar membukukan beli bersih sebesar Rp 5,89 triliun. Tren positif tersebut memberi sinyal awal bahwa investor asing telah kembali ke pasar saham tanah air.

Secara teknikal, IHSG memang sedang bullish karena posisinya pada grafik masih kokoh bergerak di atas garis rata-rata nilainya (moving average) dalam 5 hari terakhir (MA5), hal itu menandakan bahwa IHSG sedang bergerak cenderung naik saat ini.

Ada potensi IHSG akan kembali menguat pada Senin (23/12/2019) minggu depan dengan menguji level resistance pada 6.300 yang kemungkinan besar dapat tercapai karena hanya tersisa 16 poin saja.

Investor Kembali Beli Saham, Siap-Siap IHSG Melesat LagiSumber: Tim Riset CNBC Indonesia, Chart: Refinitiv

IHSG memang memulai perdagangan dengan penguatan, akan tetapi sepanjang sesi I indeks lebih banyak tertekan karena aksi profit taking para pelaku pasar saham sehingga sesi I berakhir dengan pelemahan 0,2% pada level 6.237.

Pada sesi II IHSG mampu bangkit karena ditopang investor asing yang menambah pembelian saham-saham berkapitalisasi besar seperti saham: PT Bank Mandiri Tbk/BMRI (Rp 288,1 miliar), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk/BBRI (Rp 281,77 miliar), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk/TLKM (Rp 143,6 miliar), PT Bank Central Asia Tbk/BBCA (Rp 43,13 miliar), PT Perusahaan Gas Negara Tbk/PGAS (Rp 37,8 miliar).

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]

 

(yam/tas)

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
December 20, 2019 at 07:36PM
https://ift.tt/34FtTeu

Yeay! Asing Kembali, Begini Proyeksi IHSG Pekan Depan - CNBC Indonesia
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Yeay! Asing Kembali, Begini Proyeksi IHSG Pekan Depan - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.