Search

Menpora Zainudin: Presiden Minta Sepak Bola Ditata Kembali - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru Zainudin Amali mengatakan Presiden RI Joko Widodo memintanya secara khusus bantu menata sepak bola Indonesia.

Hal itu diungkapkan Menpora saat kali pertama menyambangi Kantor Kemenpora RI di Jalan Gerbang Pemuda Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/10).

"Satu cabor yang spesifik yaitu sepak bola. Sepak bola adalah olahraga [populer di level] internasional dan olahraga masyarakat. Beliau [Jokowi] penekanan khusus bagaimana menata kembali [sepak bola]."

"[Timnas Indonesia] usia muda bagus kemudian senior kita tidak berprestasi. Untuk itu saya akan berbicara dahulu dengan para stakeholder," ujar Zainudin Amali.

Menpora Diminta Presiden Bantu Menata Sepak Bola IndonesiaZainudin Amali saat menyambangi Kantor Kemenpora di Jalan Gerbang Pemuda Senayan. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Zainudin juga mengisyaratkan memilih pendekatan kompromi dan tidak akan banyak melakukan intervensi terhadap seluruh pengurus besar di cabang olahraga, termasuk PSSI. "Pemerintah tidak akan terlalu jauh [mencampuri setiap cabor]. Kami hanya akan menjadi fasilitator. Regulasi yang ada akan kami ikuti, ada regulasi yang tidak pas akan kami revisi. Setelah itu kami tentukan target jangka pendek menengah dan selanjutnya," kata Zainudin.

Zainudin mengungkapkan Jokowi memang menitipkan khusus kepadanya soal perbaikan sepak bola tanah air.

Menpora Diminta Presiden Bantu Menata Sepak Bola Indonesia
"Beliau [Presiden Jokowi] menaruh perhatian besar buat sepak bola. Kenapa 260 juta penduduk Indonesia tidak bisa menghasilkan timnas yang bagus, yang bisa bicara di tingkat regional maupun internasional. Bahkan di level ASEAN [Asia Tenggara] saja kita kalah dengan negara baru seperti Vietnam. Beliau minta tolong cari tahu, ada apa? Apa negara lain makin maju kita stuck [buntu]?" ucap Zainudin. Tugas lain Zainudin sebagai Menpora baru yakni mempertahankan dan jika bisa meningkatkan pencapaian prestasi olahraga Indonesia. Namun, ia memilih untuk berkoordinasi dengan internal di Kemenpora sebelum menentukan langkah dan kebijakan yang akan diambil selanjutnya.

Termasuk untuk agenda terdekat yang bakal diikuti Indonesia, mulai dari SEA Games 2019 di Manila, Filipina, Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua dan Olimpiade 2020 Tokyo. (TTF/bac)

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
October 23, 2019 at 04:45PM
https://ift.tt/2N3LR3r

Menpora Zainudin: Presiden Minta Sepak Bola Ditata Kembali - CNN Indonesia
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menpora Zainudin: Presiden Minta Sepak Bola Ditata Kembali - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.