Search

Rujuk dengan Garuda, Sriwijaya Air Atur Kembali Rute Penerbangan - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta – Maskapai penerbangan Sriwijaya Air akan kembali mengatur rute setelah kerja sama manajemennya dengan Garuda Indonesia berlanjut. Direktur Quality, Safety, dan Security PT Sriwijaya Air Toto Soebandoro mengatakan entitasnya perlu waktu untuk memulihkan pesawat-pesawat yang sebelumnya telah di-grounded atau dikandangkan.

“Nanti pesawat-pesawat yang ada saat ini kami lakukan dulu perawatan, biar semua normal dulu. Kemudian, dari (direktur) komersial akan menentukan pesawat-pesawat itu akan dijual untuk rute mana,” ujar Toto saat dihubungi Tempo pada Selasa, 1 Oktober 2019. 

Sriwijaya Air sebelumnya telah membatalkan sejumlah penerbangan menyusul kisruh dengan Garuda Indonesia. Pertikaian keduanya menyebabkan Garuda Maintenance Facility atau GMF, anak usaha Garuda Indonesia, mencabut kerja sama untuk perawatan mesin pesawat dan penyediaan suku cadang. 

Imbas konflk bisnis itu, Sriwijaya Air terpaksa mengandangkan 18 unit maskapainya dari total 30 armada yang mereka miliki. Sriwijaya kala itu disebut belum menjalin kerja sama dengan bengkel pesawat yang baru sehingga armada yang dioperasikan terbatas. 

Frekuensi Sriwijaya pun anjlok dari rata-rata 120 penerbangan per hari menjadi hanya 72 penerbangan. Selain membatalkan penerbangan, Sriwijaya sempat melakukan perampingan beberapa rute. 

Toto mengatakan saat ini timnya tengah menghitung kekuatan jumlah pesawat yang siap memperoleh perawatan dari GMF dan kembali dioperasikan. Namun, ia memastikan pemulihan kondisi pesawat membutuhkan waktu bertahap.

“Kalau sudah terjadi rekonsiliasi, tentu akan di-match lagi berapa pesawat yang bisa airworthy untuk diterbangkan. Ini mungkin enggak bisa langsung terbang banyak,” ucapnya.

Setelah pesawat yang dikandangkan bisa kembali operasi, Direktur Komersial Sriwijaya Air akan kembali menjual tiket penerbangan dengan rute anyar ke konsumen. Adapun saat ini Sriwijaya masih mengoperasikan 12 pesawat. Sebelas unit di antaranya diterbangkan setiap hari. Sedangkan satu sisanya menjadi armada cadangan.

YOHANES PASKALIS

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
October 01, 2019 at 03:10PM
https://ift.tt/2oYVyrz

Rujuk dengan Garuda, Sriwijaya Air Atur Kembali Rute Penerbangan - Bisnis Tempo.co
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rujuk dengan Garuda, Sriwijaya Air Atur Kembali Rute Penerbangan - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.