Search

Mahfud MD Sarankan Pembentukan Kembali Komisi Kebenaran Rekonsiliasi - Suara.com

Suara.com - Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman mengatakan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyarankan agar dibentuk kembali Komisi Kebenaran Rekonsiliasi (KKR).

"Dari perbincangan dengan usulan dari Menkopolhukam, Pak Mahfud MD, sebenarnya beliau menyarankan lagi untuk dibentuknya komisi kebenaran dan rekonsiliasi," ujar Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (13/11/2019).

Pernyataan Fadjroel merespon pertanyaan mengenai peringatan 21 tahun Tragedi Semanggi I. Fadjroel menuturkan Komisi Kebenaran Rekonsiliasi (KKR) sudah ada sebelumnya, namun sempat dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi.

"(KKR) Yang pernah dulu (ada) gagal. Karena dulu ada Uu tersebut bersama Uu KPK, tapi kemudian dicabut oleh Mahkamah Konstitusi," katanya.

Fadjroel menyebut KKR adalah inisiatif dari Menkopolhukam untuk mengungkap kebenaran kasus HAM. Kata Fadjroel, nantinya para korban akan mendapatkan hak-haknya.

"Inisiatif sekarang dari Menko Polhukam untuk menaikkan kbali komisi kebenaran rekonsiliasi. Dimana intinya itu adalah agar kebenaran diungkap, agar para korban diberikan apa yang memang menjadi haknya," ucapnya.

Tak hanya itu, Fadjroel menuturkan usulan Mahfud pantas dihargai. Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata Fadjroel, juga mendengar seksama usulan Mahfud tersebut.

"Niat baik dari Pak Menko Polhukam, Pak Mahfud MD, menurut saya pantas kita hargai. Presiden beliau tampaknya mendengarkan dengan sangat seksama terhadap usulan tersebut," katanya.

Let's block ads! (Why?)



"kembali" - Google Berita
November 13, 2019 at 08:23PM
https://ift.tt/2X9pr5z

Mahfud MD Sarankan Pembentukan Kembali Komisi Kebenaran Rekonsiliasi - Suara.com
"kembali" - Google Berita
https://ift.tt/2llnJPO

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mahfud MD Sarankan Pembentukan Kembali Komisi Kebenaran Rekonsiliasi - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.